Arsip
Video

Statistik User

  1. Administrator
  2. Jumat, 28 Juni 2013 - 17:54:12 WIB
  3. Dibaca : 30479 Kali

Jakarta - Pertumbuhan penduduk Indonesia hampir mencapai 2% per tahun, kebutuhan air dengan sendirinya akan meningkat, tetapi jumlah air tetap, tidak bertambah, tidak berkurang namun air yang ada pun kualitasnya mulai menurun akibat pencemaran. Seperti diketahui ketersediaan air tawar seluruh dunia hanya 3% karena itu mulai sekarang kita harus menerapkan perilaku hemat air, demikian disampaikan Direktur Pengembangan Air Minum Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum (PU) Danny Sutjiono saat menjadi pembicara dalam acara Jambore Sanitasi 2013 yang diselenggarakan, di  Krakatau Convention Hall, Hotel Mercure, Ancol, Kamis (27/6/2013).

Acara workshop yang dipandu oleh Ir. M. Sjukrul Amien, MM. merupakan rangkaian dari acara Jambore Sanitasi 2013 yang diselenggarakan selama tujuh hari dari tanggal 23 Juni sampai 30 Juni 2013. Direktur PAM tampil dalam workshop bertema ‘Sanitasi dan Perlindungan Air Baku’ satu sesi bersama Dekan Fakultas teknik Lingkungan Prof Joni Hermana dan Enny Herawaty dari Asosiasi Toilet Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, Direktur PAM menyampaikan penjelasan mengenai perilaku pemakaian air di Indonesia, di antaranya masih rendahnya kepedulian masyarakat untuk berperilaku hemat air. Hal ini dapat kita lihat dari perilaku masyarakat yang boros, seperti gosok gigi dengan kran air yang terbuka, mencuci kendaraan dengan selang air membuat tidak dapat terkontrolnya penggunaan air, dan lain sebagainya.

Dalam kesempatan itu juga beliau memperkenalkan perangkat lunak yang dapat menghitung pemakaian air sehari-hari. Perangkat lunak itu diujicobakan dengan mengundang tujuh orang duta sanitasi yang berasal dari Sumatera, Jawa, Kalimantan, Papua, Sulawesi, Bali Nusa Tenggara dan termasuk duta sanitasi tahun 2012 Ilona Beatrix Hendrata. Hasilnya, dari ketujuh peserta, dua anak berperilaku boros, dua anak berperilaku kurang hemat air dan sisanya berperilaku hemat air.

Dari semua materi yang disampaikan selama Jambore Sanitasi 2013 para duta sanitasi diharapkan dapat menyebarkan pentingnya sanitasi serta perilaku hemat air kepada keluarga, teman, sekolah, dan masyarakat. [subdit ppk/ditpam]

Komentar (0)

<< First | < Prev | 1 | 2 | Next > | Last >>

Tinggalkan Komentar